Apa itu Stomatitis Aftosa Rekuren (SAR)?

Apr 06, 2024

Stomatitis Aftosa Rekuren (SAR) adalah lesi mukosa mulut yang paling umum di alami oleh semua orang. SAR bisa menjadi ulkus berulang, multipel, kecil, atau ovoid, berwarna kuning dan dikelilingi oleh lingkaran eritematosa, dapat ditemukan pada masa kanak-kanak, remaja bahkan dewasa. Penyebab ulkus aphthous tidak diketahui, dan oleh karena itu banyak faktor yang dapat menimbulkan SAR ini yaitu: 1. Perubahan hormon 2. Trauma akibat menyikat gigi terlalu keras sehingga menimbulkan luka 3. Obat-obatan seperti penggunaan obat anti inflamasi Non Steroid 4. Hipersensitvitas terhadap makanan seperti coklat, kopi, kacang tanah, sereal, almond, stroberi, keju, tomat, dan tepung terigu (mengandung gluten). 5. Kekurangan gizi seperti serat dan vitamin 6. Stres 7. Tembakau (rokok) Tujuan dari pengobatan SAR adalah untuk mengurangi gejala, mengurangi jumlah, ukuran luka dan mengurangi rasa nyeri. Pendekatan pengobatan harus ditentukan oleh tingkat keparahan penyakit (nyeri), riwayat medis pasien, frekuensi flare-up dan kemampuan pasien untuk mentolerir obat. Waktu penyembuhan SAR berlangsung hanya beberapa hari, hanya terjadi beberapa kali setahun, yang memerlukan terapi paliatif untuk nyeri dan menjaga kebersihan mulut yang baik. Beberapa Pengobatan dapat dilakukan sebagai berikut: 1. Topikal Gel 2. Obat Kumur 3. Krim dan Salep Topikal (drg. Nanan Nur'aeny, Sp. PM )

BOOK YOUR APPOINTMENT

PLEASE CALL US FOR BOOKING SCHEDULE